Hasil Akhir Pertandingan Kembali Ditentukan VAR

Laga pekan ketiga Liga Inggris 2020/21 antara Tottenham Hotspur vs Newcastle United yang digelar di stadion Tottenham Hotspur berakhir imbang 1-1. Bandarqq365 mengatakan VAR (asisten video wasit) menjadi penyebab kegagalan Spurs memilih tiga sudut pandang.

Kemenangan 1-0 Tottenham dari 25 menit memudar setelah Eric Dier melakukan handball di area penalti di penghujung pertandingan. Wasit Peter Bankes tidak melihat kejadian tersebut dan memberikan penalti setelah memeriksanya melalui siaran VAR. Callum Wilson mengambil penalti dan membuat Magpies membawa pulang satu poin.

Namun, manajer Newcastle Steve Bruce kecewa dengan keputusan tersebut. Bruce memprotes aturan handball yang menurutnya “tidak masuk akal”. Ia pun merasa timnya tak pantas mendapat satu poin pun karena tuan rumah mendominasi sepanjang pertandingan. Spurs memiliki 12 tembakan dan 65% penguasaan bola, dibandingkan dengan Newcastle yang hanya melakukan satu tembakan, yang juga merupakan hasil dari penalti Callum Wilson.

“Ini aturan yang tidak masuk akal, tidak masuk akal. Kami memanfaatkannya hari ini, tetapi tidak masuk akal. Mungkin kami harus bertanya tentang aturan baru ini dan siapa yang membuatnya. Saya pikir VAR akan diterima untuk sesuatu yang sudah jelas. Ini tidak masuk akal. . Saya bukan orang yang menyukainya, “kata Bruce seperti dikutip The Guardian.

“Kami melihat Roy Hodgson kemarin. Itu tidak masuk akal. Kemarin kami melihat sesuatu yang konyol dengan Everton dan gol kemenangan mereka; hari ini kami melihat hal yang sama tidak masuk akal. Saya seharusnya senang tapi saya tidak bisa mengatakan bahwa saya setuju dengan VAR,” dia kata.

Delapan pertandingan seminggu, tiga pertandingan menghasilkan tujuh penalti. Tiga di antaranya ditentukan oleh VAR dan sangat penting.

Selain gol kemenangan Everton yang disebut-sebut Bruce, Brighton juga mengalami cedera VAR saat pertandingan melawan Manchester United (26/7). Equalizer Seagulls setelah bermain imbang 2-2 dalam 90 + 3 menit menghilang saat wasit memberikan tendangan penalti setelah memeriksa handball Neal Maupay meskipun peluit panjang ditiup.

Hasil tersebut memungkinkan Tottenham untuk tetap di tempat ketujuh dengan empat poin dari tiga pertandingan, mirip dengan Newcastle tetapi dengan selisih gol yang lebih baik.

Selain VAR, statistik menunjukkan pemain Tottenham Jose Mourinho gagal mencetak lebih dari satu gol karena ia memiliki kepemilikan rata-rata lebih dari 50%. Termasuk pertandingan ini, total Spurs hanya mencetak empat gol dalam enam pertandingan terakhirnya dengan penguasaan bola di atas 50% (tiga kali seri, dua kali kalah, satu kali menang).

Sedangkan satu-satunya assist Harry Kane di gawang Lucas Moura menghasilkan lima assist. Baru pada musim 2016/17 (tujuh assist) dia mendapatkan banyak assist sepanjang karirnya di Liga Inggris. Sebelum musim 2020/21, ia hanya mencatatkan lima assist dalam 55 penampilan terakhir liga.