Tentang Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam

pendidikan anak usia dini dalam islam

Pendidikan anak usia dini dalam islam nampaknya mulai memasuki langkah-langkah menuju kemajuan. Kemajuan dalam hal ini terdiri dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Urgensi menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti sebuah keharusan yang mendesak, namun kita lebih familiar jika urgensi diartikan sebagai pentingnya sesuatu hal untuk dilaksanakan. Para orang tua muslim sekarang mulai berfikir dan peduli terhadap pentingnya pendidikan anak usia dini dalam menanamkan ajaran agama islam. Karena akan menjadi sangat ironi ketika anak-anak tidak tahu apa agamanya. Padahal agama adalah salah satu pegangan dan pedoman dalam menjalani kehidupan didunia. Dengan agama hidup seseorang akan menjadi lebih terarah sehingga tak mudah goyah oleh pengaruh negatif pergaulan yang membuat hidup makin susah.

Pendidikan anak usia dini dalam islam setidaknya memiliki 3 urgensi dalam penyelenggaraannya. Yang pertama adalah sebagai sarana untuk mengenalkan anak terhadap agamanya. Pendidikan anak usia dini dalam islam dimulai dengan mengenalkan dan menanamkan aqidah yang benar tentang Allah sebagai Tuhannya dan juga ajaran-ajarannya dengan cara yang sederhana. Kedua, pendidikan anak usia dini dalam islam merupakan salah satu cara untuk mempertahankan juga menjaga ajaran-ajaran agama islam. Melalui pendidikan anak usia dini dalam islam diharapkan mampu menjadi ajang transfer ilmu dan ajaran-ajaran agama islam. Yang ketiga adalah untuk mengembangkan potensi akhlak islami dalam diri anak. Proses pendidikan merupakan suatu proses yang nantinya bermuara pada terciptanya generasi penerus yang berakhlak mulia.

Pendidikan anak usia dini dalam islam bisa dilakukan dimana saja. Bukan hanya di sekolah atau lembaga pendidikan. Dalam keluargapun hendaknya di terapkan pola-pola pendidikan yang mengedepankan ajaran agama islam. Karena seperti kata pepatah yang mengatakan bahwa belajar di waktu kecil bagai mengukir diatas batu sedangkan belajar di waktu tua bagai mengukir diatas air. Artinya ajaran baik dalam agama islam akan lebih mengena dan terserap dengan baik ketika di tanamkan ketika masa kanak-kanak. Sebenarnya masih banyak urgensi-urgensi lain terkait dengan pendidikan anak usia dini dalam islam. Karena dalam agama islam itu sendiri terdapat lima pokok dasar fungsi dari ajaran agama islam. Yang kelimanya bertujuan untuk melindungi kepentingan serta kelangsungan hidup manusia di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *