Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai di Tanjung Ubun

Adanya bentuk kepedulian dari PT Pertamina terhadap kebersihan lingkungan, pada hari ulang tahun PT Pertamina (Persero) yang ke-59 akan mengadakan program pemberdayaan dan pembersihan lingkung khususnya di daerah pesisir Pantai. Kegiatan tersebut diselenggarakan di hari Sabtu, 10 Desember 2016. Kegiatan tersebut diselenggarakan di lima lokasi yang berbeda-beda, yaitu di Pantai Grand Watu Dodol, Pantai Mutiara Hijau, Pantai Teluk Penyu, Pantai Kampung Atas Air, dan Pantai Kampung Bugis. Salah satu pemberdayaan lingkungan yang akan dilakukan di Tanjung Ubun yakni di Pantai Kampung Bugis yang berada di provinsi Riau. Kegiatan pembersihan Pantai ini dilakukan untuk melestarikan pesisir Pantai agar terhindar dari banyaknya sampah. Kegiatan ini ternyata mendapat dukungan yang sepenuhnya dari warga sekitar dan dari pemerintah daerah, karena merupakan kegiatan yang positif dan juga bermanfaat.

Kegiatan yang diselenggarakan di Tanjung Ubun yaitu dengan melakukan adanya pergerakan pembersihan dan juga penanaman tanaman di hutan mangrove yang ada di Pantai Kampung Bugis ini. Seperti yang yang sudah dibicarakan sevelumnya bahwa warga sekitar yang juga sangat antusias dalam program ini. Para peserta yang sebagian besar adalah warga sekitar sangat senang mengikuti pembersihan Pantai. Bahkan pada pukul 08.00 WIB banyak warga yang sudah tiba di lokasi, padahal untuk di mulainya acara adalah pukul 10.00 WIB. Peserta yang ikut serta dalam program ini mencapai 1000 orang banyaknya, yang terdiri dari para pekerja atau karyawan dari Pertamina, pelajar, warga sekitar, dan TNI atau Polri. Acara pertama-tama dilakukan dengan adanya sambutan yang hangat dari seseorang yang merupakan perwakilan dari PT Pertamina (Persero). Tidak hanya itu, program pemberdayaan dan pembersihan Pantai ini juga dihadiri oleh perwakilan dari media nasional yang sudah ternama yaitu Kompas. Setelah sambutan tersebut, acara selanjutnya yaitu adanya penyerahan sebuah simbolis dari adanya bantuan dalam waktu enam bulan kepada masyarakat sekitar di Kampung Bugis. Tujuan utama untuk PT Pertamina dalam program ini adalah sebagai suatu bukti adanya komitmen dari Pertamina untuk melestarikan dan menjaga kebersihan lingkungan atau Pantai, dengan mengutamakan kesejahteraan seluruh msyarakat yang berada di daerah pesisir Pantai tersebut.

Tidak hanya melakukan program pemberdayaan dan pembersihan Pantai, PT Pertamina (Persero) juga memberikan beragam macam bantuan untuk warga sekitar Kampung Bugis di Tanjung Ubun ini. Beberapa bantuan diantaranya seperti layanan kesehatan dengan mengadakan pemeriksaan gratis, adanya taman baca, dan santunan anak yatim. Bantuan tersebut ditujukan untuk masyarakat, yakni untuk para ibu-ibu, anak-anak, terutama untuk para warga yang bekerja sebagai nelayan di sekitar. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan adanya pameran yang berisi kerajinan-kerajinan yang dibuat oleh warga sekitar Kampung Bugis.

Leave a Reply