Orangtua Wajib Kenali Alergi Terutama Alergi Makanan dengan 3 Gejala Ini

Orangtua yang baik wajib untuk mengenal yang namanya alergi, kenali alergi dengan betul supaya bisa melakukan tindakan tepat untuk mengatasinya. Alergi memang sering menyerang anak-anak beberapa jenis alergi akan hilang seiring anak tumbuh dewasa. Namun ada pula beberapa jenis alergi yang menemani pertumbuhan anak dan sampai mereka dewasa dan menua. Alergi memang kondisi gangguan kesehatan yang lumrah akan tetapi jangan disepelekan sebab bisa membahayakan keselamatan buah hati.

Mengenal Gejala Alergi Makanan Pada Anak

 

Ada banyak jenis alergi yang menyerang tubuh anak dan makanan menjadi satu diantara sekian jenis alergi yang paling sering ditemui. Ketika anak mengalami alergi makanan maka otomatis akan menunjukan gejala berikut:

  1. Tiba-tiba anak muntah-muntah,

Makanan akan masuk ke sistem pencernaan sehingga ketika masuk makanan yang menjadi penyebab alergi. Umumnya tubuh anak akan mengeluarkan gejala muntah-muntah sebab melakukan penolakan terhadap makanan tersebut. Baiknya segera cek makanan terakhir yang disantap si kecil dan membawanya ke dokter.

  1. Kulit anak mengalami gatal dan kemerahan,

Gejala berikutnya adalah munculnya rasa gatal pada kulit anak dan bisa secara tiba-tiba namun menunjukan reaksi berlebih. Biasanya disertai pula dengan perubahan warna kulit menjadi kemerahan padahal rasa gatal baru muncul beberapa saat. Alergi akan menciptakan reaksi berlebihan dan kadang kala dalam hitungan menit kadarnya semakin parah. Ketika menjumpai gejala seperti ini baiknya segera dibawa ke dokter jangan sampai menginap. Jika sampai 24 jam lebih maka kondisi anak akan semakin parah.

  1. Sakit perut dan juga sesak nafas,

Pencernaan anak yang terganggu akibat masuknya makanan penyebab alergi memberikan rasa sakit pada perut. Anak-anak kadang juga mengalami sesak nafas terutama bagi mereka yang alergi terhadap kacang. Makanan yang menjadi penyebab alergi memang kebanyakan mengandung protein tinggi. Maka orangtua baiknya memperkenalkan makanan berprotein secara bertahap dan baiknya mengikuti solusi alergi anak ini. Kenalkan anak pada Susu SGM sejak lahir, jika mendapati gejala alergi maka bisa memanfaatkan SGM Soya atau LLM yang kaya nutrisi khusus anak alergi makanan.

Leave a Reply