Olahraga Untuk Lansia Yang Cocok

Setiap orang di dunia ini pasti akan menjadi lebih tua pada waktunya. Bertambahnya umur dari tahun ke tahun akan merubah kondisi fisik. Untuk itu, meskipun usia sudah semakin bertambah tua, tidak ada alasan untuk tidak melakukan suatu hal seperti olahraga. Bukan hanya untuk kaum muda, untuk orang tua atau yang sudah lanjut usia pun sangat memerlukan olahraga. Dengan bertambah usia, maka fungsi kerja organ manusia tersebut akan semakin menurun. Maka dari itu perlu adanya perenggangan otot-otot seperti melakukan aktivitas olahraga agar fungsi organ tetap berfungsi dengan baik. Ada beberapa olahraga untuk lansia atau lanjut usia yang cocok dan dikhususkan, karena olahraga khusus lansia berbeda dengan olahraga anak muda.

  • Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang paling murah, namun sangat bermanfaat untuk kesehatan. Murah karena jalan kaki tidak mengeluarkan biaya sedikitpun untuk melakukan olahraga ini. Bagi orang yang sudah lanjut usia baik sekali untuk melakukan jalan kali, misalnya dengan mengikuti acara jalan sehat. Tetapi, untuk berjalan kali usahakan untuk memilih rute yang tidak terlalu jauh dan jalanan datar saja.

  • Mengikuti Senam

Olahraga senam dapat dilakukan oleh orang tua atau yang sudah lanjut usia. Jenis senam yang dilakukan oleh para orang tua adalah senam jantung. Karena jenis senam jantung ini memiliki gerakan yang ringan yang sesuai dengan umur para lansia. Ini adalah salah satu olahraga untuk lansia yang cukup menyenangkan untuk para lansia.

  • Latihan Pernafasan (Yoga)

Latihan pernafasan atau sering disebut dengan yoga adalah salah satu olahraga yang dapat dilakukan oleh lansia. Yoga untuk para orang tua yang lansia berbeda, hanya berupa latian untuk pernapasan dan juga untuk perenggangan pada badan. Olahraga ini berfungsi agar memiliki rasa lebih tenang dan selalu bahagia di usianya yang sudah lanjut tersebut.

Itulah beberapa jenis olahraga untuk lansia yang cocok untuk dilakukan di usianya yang sudah tidak muda lagi. Sebenarnya semua kegiatan atau aktivitas yang menghasilkan keringat sudah termasuk jenis olahraga. Yang terpenting adalah melakukan olahraga yang sewajarnya sesuai dengan usia.

Leave a Reply