Mengenal Macam-macam Sakit Kepala dan Obatnya

 

Sakit kepala sering diartikan sebagai pusing dengan gejala kepala berputar-putar tak karuan. Namun sakit kepala sebenarnya memiliki arti yang lebih luas termasuk rasa sakit seperti ditusuk jarum di bagian tepi kanan kiri, maupun hanya kanan atau kiri saja dan hanya bagian belakang saja. Ada banyak jenis sakit kepala yang umum diderita oleh masyarakat berbagai kalangan usia dan jenis kelamin. Berikut ini adalah jenis-jenis sakit kepala dan obatnya bagi Anda yang juga sering mengalami sakit kepala dan ingin menyediakan obat di rumah sehingga bisa langsung dikonsumsi ketika diperlukan.

 

  1. Sakit kepala biasa.

Disebut sebagai pusing dengan gejala kepala berputar atau pandangan yang berputar. Sakit kepala biasa ini bisa disembuhkan dengan obat sakit kepala biasa seperti parasetamol, asam mefenamat, asetosal dan lainnya.

 

  1. Sakit kepala akibat flu.

Flu menyebabkan timbulnya cairan di rongga kepala yang menyebabkan sakit kepala. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan kombinasi obat untuk sakit kepala seperti parasetamol, dekongestan untuk pelega nafas dan obat anti histamin untuk mengatasi flu akibat alergi. Dengan redanya flu maka sakit kepala juga akan ikut hilang.

 

  1. Vertigo.

Sering juga disebut sebagai sakit kepala pusing tujuh keliling. Vertigo memiliki gejala yang parah dibandingkan gejala sakit kepala lainnya yaitu dunia yang terasa berputar bahkan hingga pasien tidak bisa berdiri sendiri. Obat vertigo ampuh adalah betashistine yang bisa Anda beli di apotik.

 

  1. Migrain.

Migrain adalah sakit kepala sebelah yang ditandai dengan rasa skit di salah satu sisi kepala dengan rasa yang sangat mengganggu. Rasanya seperti ditusuk ribuan jarum sehingga Anda tak akan nyaman untuk melakukan aktifitas bahkan untuk bangun dari tempat tidur. Untuk obat migrain, Anda bisa menggunakan obat parasetamol, kafein dan kombinasi obat penurun panas lainnya.

 

Sekarang ini sudah banyak sediaan bebas untuk berbagai jenis obat sakit kepala di atas. Anda bisa membelinya di apotek dalam bentuk tablet, kaplet maupun sirup untuk anak-anak. Namun untuk obat pusing tujuh keliling Anda harus menebusnya dengan resep dokter.