Ingin Mengajukan Pinjaman Online? Perhatikan Beberapa Persyaratannya Berikut Ini

Related image

Seiring berjalanya waktu, kebutuhan akan dana segar seakan tak ada habisnya. Berbagai orang membutuhkan dana segar untuk segala macam kebutuhan mulai dari kebutuhan konsumtif sampai dengan pinjaman modal usaha untuk menjalankan bisnisnya. Kebutuhan akan dana yang seakan tidak habisnya membuat para pegiat startup membuat platform pinjaman online yang dapat membantu para pelaku bisnis untuk mengajukan pinjaman modal usaha. Kemudahan dan kecepatan proses membuat platform pinjaman online banyak diminati oleh masyarakat. Namun, sudah tahukah Anda apa saja peryaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman online? Berikut ini beberapa persyaratan yang biasanya dibutuhkan saat mengajukan pinjaman online.

Kartu Tanda Penduduk

Dokumen pertama yang diperlukan sebelum mengajukan pinjaman modal usaha ke platform pinjaman online adalah KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Mengingat platform online tidak mengharuskan Anda untuk mengunjungi kantor perusahaan tersebut, Anda dapat memasukkan dokumen KTP Anda melalui internet. Caranya, Anda cukup memotret Kartu Tanda Penduduk Anda kemudian menguploadnya ke halaman saat Anda ingin pinjam duit melalui platform tersebut. Dengan demikian proses pengiriman dokumen dapat terlaksana dengan lebih ringkas tanpa perlu datang ke kantor terlebih dahulu.

Agunan

Peryaratan lainnya yang wajib Anda persiapkan sebelum mengajukan pinjaman modal usaha di platform pinjaman online adalah agunan. Agunan merupakan jaminan yang nantinya akan Anda serahkan kepada pihak kreditur saat Anda meinjam uang. Pada praktiknya terdapat berbagai macam agunan yang dapat Anda gunakan tergantung kebijakan pada platform tersebut. Di Momaju.id misalnya, Anda akan diberikan pilihan untuk menyerahkan agunan berupa BPKB kendaraan atau Surat Hak Milik properti Anda.

Meskipun demikian, ada beberapa platform pinjam duit yang tidak mensyaratkan Anda untuk memberikan jaminan apapun. Platform tersebut umumnya hanya menggunakan KTP Anda sebagai pegangan agar uang yang mereka pinjamkan kepada debitur tidak disalahgunakan. Namun, umumnya platform yang menmperbolehkan calon debiturnya untuk mengajukan kredit tanpa agunan hanya memberikan plafon pinjaman yang rendah dan tempo pinjaman yang sebentar. Sehingga pinjaman ini kurang cocok untuk Anda yang membutuhkan modal besar seperti untuk mengembangkan bisnis atau membeli kendaraan mobil.