Hindari Hipertensi Dengan Diet Rendah Garam

Melakukan diet rendah garam sangatlah penting bagi tubuh anda. bisa anda bayangkan berapa gram garam yang kita konsumsi setiap harinya. Jika garam menumpuk terlalu banyak di dalam tubuh kita maka yang akan terjadi kita akan terkena darah tinggi atau hipertensi. Memang garam sangat baik untuk tubuh kita karena mengandung natrium yang berfungsi sebagai penekan darah namun itu akan menjadi baik jika jumlahnya normal. Namun jika berlebihan hipertensi pun akan muncul didalam tubuh kita. Pencegahan memang harus dilakukan secepat mungkin. Lalu berapa kebutuhan normal manusia akan natrium? Kebutuhan normal zat natrium dalam tubuh manusia adalah sebanyak 2300 mg atau setara dengan satu sendok teh perharinya. Sedangkan makanan yang kita konsumsi setiap harinya mengandung jauh lebih banyak dari batas yang sudah di tentukan.

Jika anda melakukan diet rendah garam maka anda sudah sangat membantu tubuh anda mengurangi asupan garam dalam darah. Yang tentunya tekanan darah anda akan menjadi normal kembali. Bagi anda yang ingin melakukan diet ini hal pertama yang tentunya harus anda ketahui adalah makanan apa saj yang dapat membantu anda menjalani diet tersebut. Yang dapat anda makan pada saat melakukan diet ini adalah roti gandum, sereal yang terbuat dari gandum, buah-buahan segar, sayur segar, kacang-kacangan yang masih segar, daging dan ikan segar bukan yang berasal dari kaleng, sup yang menggunakan kalsu asli bukan menggunakan garam dan bumbu penyedap instan, susu, yoghurt, serta keju rendah sodium, menggunakan bumbu atau rempah alami.

Selain makanan di atas sebenarnya anda juga dapat memakannya, namun lagi-lagi harus menggunakan sedikit garam bahkan jika bisa tanpa garam. Sebenarnya hal yang paling penting dan utama dalam melakukan diet rendah garam ini adalah anda harus mengurangi dan menahan diri untuk tidak mengkonsumsi garam. Anda dapat membatasi penggunaan garam pada saat anda memasak. Dan sangat di anjurkan untuk membawa bekal ketika anda bekerja. Ini akan membuat anda terbantu menghindari garam yang berlebih. Namun jika anda sedang berada diluar dan ingin makan bersama teman-teman anda hal yang paling penting anda harus meminta agar tidak menambahkan garam yang berlebih pada masakan anda. selain itu anda juga harus menghindari makanan kaleng karena biasanya makanan tersebut akan menggunakan garam 3 kali lipat untuk mengawetkan makanan tersebut. Menggunakan bahan makanan alami dan segar merupakan jalan terbaik bagi anda yang ingin melakukan diet ini.

Leave a Reply