Cara Pijat Bayi yang Baik dan Benar

cara-pijat-bayi

Tahukah Anda bahwa pijat bayi merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan secara rutin dan juga sangat disarankan untuk dilakukan kepada bayi. Alasannya adalah pijat bayi yang dimaksud tersebut dapat memberikan banyak manfaat untuk pertumbuhannya mulai dari lebih mempererat ikatan Bunda dengan si kecil sehingga akan membantu secara langsung tumbuh kembang bayi agar lebih optimal. Hebatnya lagi di mana manfaat pijat bayi tersebut tidak hanya dapat dirasakan oleh si kecil saja lho Bunda. Manfaat tersebut ternyata juga dapat diperoleh jika Bunda serta Ayah memijat si kecil secara bergantian dengan cara pijat bayi yang baik dan benar. Mungkin sebagian dari Anda ada yang belum mengetahui bagaimana cara memijat bayi yang benar. Oleh sebab itu, sebelum menyimak tips di dalam memijat bayi maka ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu manfaat lengkap dari pijat bayi tersebut bagi tumbuh kembangnya.

Diketahui bahwa ada banyak manfaat pijat bayi bagi pertumbuhan dan perkembangannya asalkan cara pijat bayi tersebut tepat dan dilakukan secara rutin. Nah, berikut ini beberapa manfaat memijat bayi antara lain seperti dapat membantu mengembangkan bahasa pertama yang dikenalnya yakni sentuhan. Meskipun si kecil belum dapat melihat dengan jelas tetapi ia sudah dapat mengasosiasikaan suara maupun sentuhan yang diberikan Bunda maupun Ayah. Selain itu, memijat bayi juga dapat memberikan perasaaan aman, dicintai, dikasihi, serta dihargai bagi si kecil. Dapat pula memperkuat sistem pernapasan, sistem pencernaan, dan juga peredaran darah. Pijatan rutin untuk bayi juga dapat mengurangi gejala kolik maupun sembelit, serta memberikan perasaan yang menenangkan sehingga bayi akan dapat tidur dengan lebih nyenyak nantinya.

Untuk Ayah dan Bunda yang penasaran bagaimana cara pijat bayi yang baik dan benar maka ini dia jawabannya. Pertama lakukan kegiatan memijat tersebut di pagi maupun sore hari dan lebih baik lagi sebelum waktu tidur, tunggu setidaknya 30 menit setelah selesai menyusui bayi sebelum memulai untuk memijat, jangan lupa untuk menggunakan baby oil agar lebih lembut di kullit si kecil, pada saat memijat ada baiknya untuk memutarkan musik yang menenangkan jiwa serta redupkan lampu di ruangan, dan terakhir untuk dapat mempererat ikatan antara Bunda dan si kecil maka tetap jaga kontak mata Anda dengan ia serta berbicaralah dengan suara lirih serta menenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *