Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Dengan prosedur Yang Benar

Memiliki sebuah jaminan sosial adalah penting bagi seluruh masyarakat khususnya bagi anda sebagai pekerja di sebuah perushaan. Jika anda terdaftar sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan, maka anda akan mendapatkan jaminan di masa depan. Anda akan terlindung dari ketidakpastian seperti risiko sosial dan ekonomi yang bisa saja terjadi. Contohnya saat kerja, anda mengalami kecelakaan kerja, dengan memiliki BPJS ketenagakerjaan anda akan ditangani tim medis tanpa mengeluarkan biaya lagi. Lalu jika anda sudah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan, apakah anda tahu kebijakan baru pemerintah mengenai tata cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan terkait dengan saldo JHT atau jaminan hari tua sudah bisa diambil 10%, 30% dan 1005 tanpa harus menunggu masa peserta BPJS ketenagakerjaan hingga 10 tahun atau anda yang sudah berumur 56 tahun.

Bagi anda yang ingin tahu cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan terkait dengan saldo JHT 10%, 30% dan 100%, maka simak informasi lengkapnya berikut ini. Untuk syarat yang harus dipenuhi agar bisa mencairkan saldo JHT 10% da 30% maka, anda harus melengkapi beberapa dokumen yang dibuthkan seperti

Untuk klaim saldo JHT 10% syaratnya adalah

  1. Fc dan asli kartu peserta BPJS ketenagakerjaan
  2. Fc dan asli kartu keluarga
  3. Fc dan asli KTP atau SIM
  4. Surat keterangan aktif bekerja dis ebuah perusahaan
  5. Buku rekening tabungan

Untuk klaim saldo JHT 30% syaratnya adalah

  1. Fc dan asli kartu peserta BPJS ketenagakerjaan
  2. Fc dan asli kartu keluarga
  3. Fc dan asli KTP atau SIM
  4. Surat keterangan aktif bekerja di sebuah perusahaan
  5. Buku rekening tabungan
  6. Dokumen perumahan

Untuk cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan terkait dengan saldo JHT 100% maka syarat pertama yang harus anda lakukan adalah, peserta berstatus tidak sebagai begawai aktif di sebuah perusahaan, jika sudah terpenuhi maka 1 bulan setelah berhenti bekerja anda bisa memproses pencairan tersebut dengan cara cara yang sudah ditentukan seperti klaim saldo JHT 10%, hanya saja pada klaim saldo JHT 100% anda harus menyiapkan dokumen fotocopy paklaring.

Leave a Reply