Cara Menangani Masuk Angin Pada Anak

Sekarang ini angin di indonesia sedang berhembus kencang. Sehingga udara dingin pun hampir terasa di beberapa daerah di indonesia. Apalagi jika di daerah dataran tinggi. Dengan situasi yang seperti ini tentunya anak – anak akan rentan terkena serangan masuk angin atau penyakit lainnya. Jika sudah masuk angin tentunya akan sangat repot dan kasihan anak anak. Maka dari itu ibu harus selalu aiaga dan mempersiapkan segala kebutuhan anak. Termasuk persiapan jika anak sakit. Berikut ini beberapa penanganan jika anak masuk angin, salah satunya adalah dengan memberikan anak olesan minyak kayu putih. Kemudian masih ada banyak lagi, di antaranya adalah :

  1. Jaket tebal

Salah satu cara menghindari angin yang paling sederhana adalah dengan menggunakan jaket. Memiliki jaket yang tebal di daerah tropis juga bukan sesuatu yang aneh, karena sesekali jaket ini akan berfungsi, termasuk saat angin yang berhembus terlalu kencang dan udara sangat dingin jaket tebal adalah tameng utama, terupma bagi anak – anak. Jika anak sedang masuk angin juga segera anda pakaikan baju hangat atau jaket yang tebal untuk membuat badan anak lebih hangat.

  1. Minuman hangat

Ketika masuk angin, tentunya badan akan merasa sangat tidak karuan, antara dingin dan panas. Namun biasanya yang dominan yang dirasakan adalah dingin dan sedikit ngilu maka dari itu pemberian air hangat akan sangat berguna kepada anak yang sedang masuk angin. Minuman hangat itu bisa berupa susu atau ramuan hangat lainnya bisa yang terbuat dari jahe dan lain sebagainya. Yang alami biasanya akan lebih cepat memukihkan masuk angin.

  1. Ramuan bawang merah

Ramuan bawang merah ini memang terkesan tradisional, namun nyatanya ramuan ini sangat mujarab untuk menghilangkan sakit karena masuk angin pada anak. Ramuan ini diantaranyaa dalah minyak dan bawang merah yang telah ditumbuk halus kemudian di oleskan ke seluruh permukaan dada dan badan anak. Kemudian tutub dengan pakaian hangat. Maka dengan begini anak akan cepat pulih.

Itulah beberapa cara memangani masuk angin pada anak disamping mengoleskan minyak kayu putih sebagai obat demam pada tubuh anak.