Apakah Gigi Kuning Tanda Kesehatan Gigi yang Bermasalah?

Bagi orang yang sangat memperhatikan penampilan, gigi yang putih merupakan suatu hal yang penting. Dengan begitu, gigi yang berwarna kuning merupakan suatu hal yang mengganggu dan akan menjadi masalah. Namun, gigi yang berubah menjadi kuning itu merupakan hal yang alami dan sulit untuk dihindari, kecuali kita tidak makan sama sekali. Ya, mengonsumsi makanan memang dapat memicu gigi kita untuk berubah menjadi kuning. Apalagi juga didukung oleh kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik, yang dapat memicu gigi kita untuk menjadi berwarna kuning. Gigi putih kita pun dapat berubah menjadi kuning, saat berjalannya usia kita. Enamel pada gigi yang putih lama kelamaan akan terkikis atau menjadi menipis. Dengan begitu membuat dentin berwarna kuning menjadi lebih terlihat. Jadi, tak ada pengaruh dengan kesehatan gigi.

Jika dilihat dari penyebab makanan, seperti yang perlu kita ketahui bahwa kandungan kromogen di dalam makanan dan minuman dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Kromogen ini dapat meninggalkan noda pda lapisan enamel gigi kita. Tidak hanya itu saja, keasaman pada makanan pun turut mempengaruhi perubahan warna gigi kita menjadi kuning. Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat gigi kita berubah menjadi kuning dalam waktu tertentu antara lain yaitu minuman anggur dan minuman berkarbonasi memiliki tingkat keasaman yang dapat membuat gigi jadi kuning atau noda pada gigi. Lalu, teh hitam memiliki kandungan kromogen lebih tinggi dibanding kopi, sehingga dapat memicu gigi kuning. Selain dari makanan, kebiasaan merokok pun dapat membuat gigi terlihat lebih kuning. Tidak hanya membuat gigi kuning, pastinya dapat juga mengganggu kesehatan gigi.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan pastinya mencegah gigi kuning? Caranya antara lain yaitu saat minum minuman berkarbonasi lebih gunakan sedotan. Penggunaan sedotan dapat membuat minuman tersebut akan langsung tertelan. Lebih baik mengunyah makanan lebih cepat, tetapi tidak asal-asalan dalam mengunyah karena dapat merusak gigi nantinya. Setelah selesai makan, lebih baik berkumur atau lebih baik lagi menggosok gigi. Hal itu dapat membantu untuk terhindar dari menempelnya plak atau noda pada gigi kita.

Leave a Reply