Apa Itu Reksadana dan Langkah Melakukannya

Investasi merupakan bentuk menabung untuk memperoleh keuntungan di masa depan. Ada banyak bentuk dari investasi ini dari investasi tanah, bangunan, kendaraan, perhiasan, dan juga investasi secara finansial. Misalnya adalah investasi reksadana yang merupakan jenis investasi yang murah dan juga mudah bisa diambil oleh masyarakat. Untuk dapat memulai reksadana ini masyarakat hanya memerlukan modal yang kecil bahkan juga dari 50 hingga 100 ribu rupiah saja. Apabila masyarakat masih bingung apa itu reksadana penjelasan lebih mudahnya reksadana adalah wadah dana atau modal yang diberikan oleh investor baik perusahaan atau pribadi yang akan diinvestasikan pada pasar modal dengan cara membeli unit reksadana.

Langkah pertama menanamkan dana pada reksadana ini adalah dengan menentukan tujuannya. Ada banyak tujuan orang melakukan investasi apakah untuk bekal ketika pensiun, sebagai dana pendidikan anak, sebagai tabungan untuk berlibur, dan banyak lainnya. Sehingga pastikan tujuan investasi yang akan dilakukan sehingga nantinya Anda bisa menentukan jenis reksadana yang akan dipilih.

Penentuan tujuan investasi reksadana tersebut adalah untuk menentukan jenis reksadana yang akan diambil. Beberapa jenis reksadana tersebut adalah:

  • Pasar uang merupakan jenis reksadana yang mempunyai jatuh tempo singkat dan keuntungan hanya sedikit.
  • Pendapatan tetap merupakan jenis reksadana yang mempunyai penghasilan yang lebih tinggi daripada jenis sebelumnya.
  • Terproteksi merupakan jenis reksadana yang mendapatkan perlindungan penuh.
  • Reksadana campuran merupakan jenis reksadana yang dapat mengalokasikan dananya ke berbagai instrumen yang ada dari deposito, obligasi, hingga saham.
  • Reksadana saham adalah jenis yang akan mendapatkan keuntungan besar tetapi resikonya juga besar.

Apabila telah memilih jenis reksadana, maka langkah selanjutnya adalah dengan memilih manajer investasi dengan tepat. seperti yang telah dijelaskan apa itu dan bagaimana beli reksadana seperti diatas merupakan investasi yang membutuhkan bantuan orang ketiga untuk dapat memilih bentuk investasi yang tepat sesuai dengan jenis reksadana yang ada. Misalnya ketika Anda memilih manajer investasi seperti BNP Paribas yang merupakan MI yang terpercaya maka Anda tinggal menempatkan modal sesuai dengan nasihat yang diberikan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi reksadana ini.