7 Tips Merawat Batik Solo Tetap Awet

Memilih batik sebagai pakaian Anda menjadi pilihan yang tepat, pasalnya secara tidak langsung Anda ikut andil dalam melestarikan warisan bangsa Indonesia. Selain itu batik memiliki nilai seni yang tinggi apalagi batik solo, sehingga tak heran kita menjumpai banyak sekali orang yang mengenakan batik ini di berbagai macam acara seperti pesta, pernikahan dan acara resmi.

Batik memiliki kesan yang indah bagi siapa saja yang mengenakannya, sehingga kita perlu perhatikan pula perawatannya. Batik memiliki kualitas bahan dan warna yang berbeda, agar tetap terjaga kualitasnya maka perlu juga perawatan yang berbeda. Semakin bagus kualitas yang dimiliki batik, maka memerlukan perawatan yang ekstra pula.

Sering kali kita tak mau ribet untuk merawat batik, sehingga ada beberapa kasus yang membuat batik menjadi cepat rusak. Namun Anda tidak perlu risau, pada artikel ini akan memberikan 10 tips merawat batik solo agar tetap awet dan bisa digunakan berkali – kali.

  1. Rendam batik selama kurang lebih 5 – 10 menit untuk melarutkan kotoran yang menempel pada kain. Jangan merendam batik terlalu lama apalagi hingga berjam – jam, hal ini akan dapat merusak serat dan warna pada batik.
  2. Cuci dengan menggunakan tangan, hindari penggunaan mesin cuci bahkan sikat gosok. Bila Anda sedang buru – buru, maka gunakan lah mode soft pada mesin cuci.
  3. Gunakan detergen khusus batik atau shampoo, hal ini dikarenakan detergen yang biasa kita gunakan memiliki bahan kimia keras yang dapat merusak warna dan serat batik.
  4. Bilas dengan satu kali agar warna tidak cepat pudar.
  5. Setelah di cuci, jemur batik tanpa melalui pengering. Peras lah dengan perlahan batik agar kualitas serat tetap terjaga. Bila terpaksa menggunakan pengering, gunakan level terendah saja.
  6. Jemur batik di tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari. Tentu kita tahu bahwa menjemur pakaian di bawah matahari langsung dapat merusak warna pakaian
  7. Simpan di tempat yang tak lembap untuk menghindari pertumbuhan jamur dan apalagi sampai dimakan serangga.