47 RONIN; Kesetiaan sang Samurai

47 Ronin adalah sebuah film laga fantasi yang mengambil setting waktu di zaman Edo sekitar tahun 1701 di Jepang. Pemimpinnya saat itu adalah Shogun Tsunayosi. Tidak hanya dibuat novel, kisah menarik ini juga dibuat dalam seri drama dan film dengan judul yang sama. Ronin berarti samurai tidak bertuan. Prinsip hidup seorang Ronin adalah kesetiaan dan pengabdian pada majikannya. Penasaran ingin menonton film ini?

47 Ronin mengisahkan Kay (Keanu Revees), seorang anak blasteran pelaut Inggris dan perempuan Jepang, yang membantu Oishi (Hiroyuki Sanada) untuk menjadi bagian dari 47 Ronin demi membalaskan dendam setelah Asano, tuan mereka, dihukum mati dengan cara seppuku. Film ini sendiri menghadirkan pesan moral yang sangat kuat mengenai kesetiaan dan kehormatan. Namun sayang, Hollywood merangkum kisah yang berasal dari sejarah ini dengan konsep fantasi yang jelas-jelas sangat out of topic. Terlepas dari kekurangan itu, kamu bisa menjadikan 47 Ronin untuk menonton film bersama teman-temanmu.

Menariknya dari film 47 Ronin adalah latar dan tokohnya yang sebagian besar adalah orang Jepang, namun bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa Inggris. Terlebih, meskipun film ini digarap di Jepang, kualitas yang dihasilkan hampir sama persis dengan kualitas film keluaran Hollywood. Keanu Revees juga bermain dengan apik di film ini, termasuk ketika adegan berkelahi menggunakan pedang samurai. Sedangkan Hiroyuki Sanada memainkan lakonnya dengan sangat gemilang ketika menunnjukkan raut muka seorang fighter penuh dendam. Pemeran lainnya yang tidak kalah menarik perhatian adalah Ko Shibasaki, aktris cantik yang mampu mengekspresikan kesedihan yang mendalam di dalam adegannya. Tokoh lainnya, Rinko Kikuchi juga memberikan hasil memuaskan untuk perannya sebagai tokoh jahat. Efek animasi yang disajikan pun dikonsep secara rapi sehingga monster-monster yang ditampilkan terkesan nyata. Lebih menariknya lagi, setiap tanggal 14 Desember, banyak orang datang ke Jepang untuk mengunjungi makam-makam ke-47 Ronin ini dengan perayaan khusus di Jepang. Film ini sangat cukup menghiburmu ketika menonton filmnya di liburan akhir tahun.

Leave a Reply