4 Rekomendasi Tempat Berburu Gudeg Enak di Jogja

Berbicara soal Kota Jogja, pasti tak akan lepas dari Malioboro, candi, batik, pantai di Gunungkidul, dan tentu saja, gudeg. Rasanya memang tidak afdal berlibur ke Jogja tanpa merasakan manis dan gurihnya kuliner khasnya tersebut. Di setiap sudut kota, Anda bisa menemukan gudeg dengan mudah sepanjang hari; mulai dari yang dijual oleh pedagang kaki lima sampai restoran berkelas.

Jika Anda berencana memenuhi kebutuhan bersantap dengan gudeg, berikut rekomendasi tempat yang menjual gudeg enak di Jogja.

  1. Mengantre di dapur demi makan gudeg: Gudeg Pawon

Gudeg Pawon (Sumber: plesirankotatua.blogspot.com)

Ingin menikmati gudeg tengah malam yang maknyus di Kota Jogja, Anda harus bertandang ke Gudeg Pawon di Umbulharjo. Tempat makan gudeg legendaris ini baru buka sekitar pukul 22.00 WIB. Namun, saking banyak peminatnya, dalam dua sampai tiga jam saja, gudeg yang tersedia sudah ludes. Jadi, usahakan untuk datang lebih awal dan mengantre sembari berharap tidak kehabisan.

Spesialisasi gudeg pawon adalah gudeg basah yang menggugah selera. Kuliner ini biasanya disajikan dengan sambal krecek dan pilihan lauk seperti telur atau ayam. Seperti namanya, gudeg ini dimasak di pawon yang berarti dapur dalam bahasa Jawa. Selama mengantre untuk mengambil gudeg, Anda bisa melihat proses memasak gudeg menggunakan peralatan tradisional.

  1. Merasakan gudeg berbahan bunga kelapa: Gudeg Manggar Bu Jumilan

Di Srandakan Bantul, Anda dapat menemukan sebuah tempat penjualan gudeg unik. Pasalnya, gudeg yang dijual bukanlah gudeg dari nangka muda, melainkan manggar. Manggar merupakan bunga muda dari pohon kelapa. Meskipun bahan dasarnya tidak lazim, gudeg manggar Bu Jumilan tidak kalah enak dibandingkan gudeg nangka biasa. Yang membedakan dengan gudeg lain adalah teksturnya yang jauh lebih padat.

Gudeg yang disajikan tetap bercita rasa gurih dan manis, dengan bahan pelengkap berupa krecek pedas serta areh yang menggugah selera. Sebagai lauk, Anda bisa memilih ayam, telur, atau tahu sesuai selera. Jika kurang pedas, Anda juga dapat menambahkan sambal.

  1. Mencicip sensasi gudeg pedas: Gudeg Mercon Ibu Tinah

Para pencinta kuliner pedas wajib datang ke warung gudeg di Jalan Asem Gede No. 8. Sekilas, gudeg yang dijual di sini tampak seperti gudeg biasa. Namun, krecek untuk melengkapi gudeg ini sungguh sangat pedas, seolah meledak di mulut. Tak heran jika kuliner tersebut dinamakan gudeg mercon. Pilihan lauknya beragam mulai dari ayam, telur, gorengan, sampai aneka sate.

Lapak pinggir jalan ini buka mulai pukul 21.00 WIB sampai pagi. Namun, biasanya saat dini hari, gudeg yang telah ada sejak 1992 ini sudah habis.

  1. Menikmati gudeg legendaris Jogja: Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum (Sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com)

Salah satu tempat makan gudeg legendaris Jogja yang wajib Anda kunjungi adalah Gudeg Yu Djum. Tempat ini begitu populer karena sudah ada sejak tahun 1951, bahkan sudah memiliki beberapa cabang di Kota Jogja. Spesialisasi gudeg Yu Djum adalah gudeg kering yang dipadu dengan krecek pedas dan areh gurih. Ditambah dengan telur bebek pindang dan ayam kampung sebagai lauk, rasa gudeg ini bakal memanjakan lidah dan perut Anda.

Itu tadi beberapa tempat wisata kuliner gudeg di Jogja yang bisa Anda kunjungi. Jika ke Kota Gudeg, tempat kuliner mana yang akan Anda sambangi duluan?

Perjalanan menuju Kota Jogja kini lebih mudah dan terjangkau dengan tiket pesawat Batik Air. Terlebih, jika melakukan pemesanan tiket pesawat lewat Airy, Anda bisa mendapatkan tiket promo yang pastinya akan menghemat pengeluaran. Transaksi pemesanan dan pembayarannya pun mudah, tanpa penipuan. Jadi, layanan Airy tidak akan mengecewakan Anda. Nah, jika terjadi masalah selama perjalanan, segera hubungi customer service Airy untuk mengatur refund atau reschedule.