3 Motif Batik Untuk Dijadikan Oleh – Oleh

batik solo

Batik adalah sebuah kain yang bergambar merupakan kain khas Indonesia. Ada berbagai macam motif batik dari berbagai bangsa Indonesia. Namun ada satu batik yang memiliki banyak motif, Yaitu batik solo. Solo merupakan salah satu pengerajin batik yang terkenal hingga ke mancanegara. Terdapat beragam macam batik yang dimiliki oleh Solo. Setiap motif batik tentu memiliki arti masing masing.

  1. Batik Motif Parang

batik solo ini merupakan motif batik yang terkenal. Dan meruapakan desain batik tertua di Indoensia. Motif parang membentuk seperti huruf S yang saling jalin menjalin dari tinggi ke rendah. Dan membentuk diagonal. Dari pengertian tersebut awal mula nama parang diberikan pada motif batik satu ini. parang artinya adalah lereng sedangkan motif S menandakan kesinambunagan dalam bertetangga. Ada juga pola ombak yang melambangkan tidak akan mudah menyerah dan tetap semangat.

  1. Batik Motif Truntum

Truntum berasal dari istilah terntum-teruntum, yang berarti tumbuh kembali. Jadi, kain ini melambangkan yang bersemi kembali. Nggak hanya untuk yang berpacaran saja, tetapi juga untuk yang sudah menikah. Selain itu, kata truntum juga memiliki arti penuntun atau pemberi contoh. batik solo satu ini sering digunakan untuk kemeja ataupun rok bagi Anda seorang perempuan. Kain tersebut sangat cocok digunakan sebagai hadiah pernikahan ataupun bertunangan bagi kerabat perempuan Anda.

  1. Batik Motif Sidomukti

Motif batik satu ini merupakan motif batik solo yang paling popular. Dan sangat mudah untuk mendapatkan salah satu ole – oleh khas sol tersebut. biasanya batik solo satu ini digunakan untuk berbagai acara pernihakan dengan menggunakan adat jawa. Terutama daerah Solo. makna Sidomukti berasal dari kata sido yang berarti jadi dan mukti memiliki arti kehidupan yang makmur dan sejahterah. Makanya para pengantin mengenakan kain ini ketika pernikahan dengan penuh harapan rumah tangganya akan berkecukupan, bahagia dan juga sejahterah. Oleh – oleh satu ini sangat cocok diserahkan pada saat teman Anda melakukan pernikahan.